Sedikit tulisan tentang One Piece Arc Dressrosa

Sumber : Pinterest.com

One Piece, anime/manga terkenal yang merupakan hasil karya dari Mangaka Eiichiro Oda. Manga One Piece pertama kali terbit tahun 1997 yang dimuat di Shonen Jump terbitan dari Shueisha dan kini terus berlanjut sampai sekarang dengan beberapa torehan rekor penjualan komik nya yang terjual sampai jutaan eksemplar. tapi dalam artikel kali ini saya tidak ingin membahas kesuksesan manga/anime One Piece, akan tetapi disini akan sedikit membahas alur cerita dari Arc Dressrosa dari sisi pembaca.

Arc Dressrosa dimulai setelah Arc Punk Hazard, atau termasuk dalam Pirate Alliance Saga. dalam cerita manga Arc Dressrosa dimulai dari chapter 700 yang dirilis pada 4 Maret 2013, dan dalam anime arc ini dimulai di episode 629 yang dirilis pada 19 Januari 2014. secara Realtime Life atau waktu dalam dunia kita, arc ini sudah berjalan selama 2 tahun lebih, yang dimulai dari chapter 700 dan terakhir sampai tulisan ini ditulis pada chapter 789. atau sekitar sudah mencapai 78 chapter untuk arc Dressrosa ini. ini merupakan arc terpanjang dalam seri One Piece ini. menurut pendapat pribadi, arc ini membuat pembaca merasa bosan dengan jalan cerita yang dihadirkan, arc ini seperti pengulangan kejadian dalam arc Alabasta. dalam arc Alabasta, Kelompok Bajak laut Topi Jerami memiliki misi untuk menyelamatkan kerajaan Alabasta dari kehancuran yang disebabkan oleh salah satu Shichibukai, Yaitu Crocodile atau Mr. 0, seorang pemimpin dari kelompok Baroque Works. sama hal nya dalam arc Dressrosa ini, kelompok bajak laut topi jerami yang sudah beraliansi dengan bajak laut Heart yang dipimpin oleh Trafalgar law, atau yang akhirnya diketahui bahwa nama asli dari trafalgar law adalah Trafalgar D. Law, atau seorang penyandang nama "D" yang sampai saat ini belum diketahui apa sebenarnya "D" itu. Luffy yang sudah beraliansi dengan Law, memiliki tujuan untuk mengalahkan salah satu dari Yonkou/4 kaisar bajak laut, yakni Bajak Laut Kaidou.

Misi pertama untuk mengalahkan bajak Laut Kaido dimulai dengan menghancurkan Pabrik Smile yang dimiliki oleh Bajak Laut Donquixote. didalam Pabrik Smile Ini memproduksi SAD yang digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat buah setan buatan Type Zoan yang dikembangkan oleh Caesar Clown. Misi ini dimulai di arc sebelumnya atau di Arc Punk Hazard. dalam Arc tersebut dimulainya aliansi bajak laut Topi Jerami dengan bajak laut Heart. dalam arc tersebut pabrik Smile pertama berhasil dihancurkan dan berhasil menangkap Caesar Clown yang digunakan sebagai Sandera oleh law untuk melakukan pertukaran dengan Doflamingo. Law memberikan penawaran kepada Doflamingo akan memberikan Caesar Clown kepadanya kembali dengan syarat Doflamingo harus keluar dari salah satu anggota Shicibukai, akan tetapi pada akhirnya kelicikan Doflamingo berhasil mengelabui kelompok aliansi Luffy dan Law.

Arc Dressrosa ini seakan berjalan lambat dibandingkan dengan arc yang lainnya, banyak drama yang dihadirkan dalam arc ini yang saya rasa tidak perlu untuk ada, akan tetapi kebosanan pembaca bisa sedikit ditutupi dengan hadirnya Sabo, Saudara yang sudah lama menghilang dan dikira telah meninggal ketika kejadian kunjungan Tenryubito ke pulau asal sabo, luffy dan ace. dan ternyata kini sabo adalah orang nomor 2 dalam pasukan revolusi yang dipimpin oleh Ayah Luffy, Monkey D Dragon. dan akhirnya diketahui bahwa ketika terjadi penembakan yang dilakukan oleh tenryubito ke kapal sabo saat itu, Dragon berhasil menyelamatkan sabo. Selain itu dalam arc ini, Oda memperkenalkan jurus baru luffy setelah Gear 2 dan Gear 3. kini Luffy memiliki jurus baru yakni Gear 4 yang saya kira jurus tersebut dilatih ketika timeskip setelah perang besar marineford. Gear 4 ini sudah lama ditunggu tunggu oleh banyak penggemar One Piece sendiri. sehingga pada waktu perilisan manga chapter 784 menyebabkan beberapa situs penyedia manga online down karena diserbu oleh penggemar one piece yang ingin tau bagaimana jurus luffy yang baru tersebut.

selain 2 hal itu mungkin ada beberapa bagian yang membuat pembaca manga nya tidak merasa bosan, seperti kebenaran tentang law yang sebenarnya pembawa inisial "D" juga, kemampuan Haki Zoro yang dimanfaatkan nya untuk mengalahkan Pica, berkenaan dengan Zoro mungkin banyak fans dari zoro kecewa karena aksi dari zoro dinilai terlalu sedikit dan tidak sampai menyebabkan zoro sampai berdarah-darah seperti di arc sebelum timeskip ( apa zoro nya yang terlalu kuat atau musuh nya yang terlalu lemah saya juga belum tau :D ). serta kehadiran Bartolomeo cukup memberikan hiburan dengan kekonyolan dia ketika bertemu dengan kru dari bajak laut topi jerami. selain itu juga kemunculan kembali buah Mera-Mera No Mi yang dulu dimiliki oleh Ace dijadikan hadiah dalam sebuah pertarungan coloseum. mengetahui hal tersebut luffy akhirnya memutuskan untuk mengikuti pertandingan di coloseum tersebut yang sudah disiapkan oleh Dolafmingo untuk menjebak Luffy. dan pada akhirnya buah Mera Mera itu jatuh ditangan Ace yang berperan sebagai pengganti Luffy dalam pertarungan coloseum sebagai Lucy. sehingga Sabo saat ini memiliki kekuatan yang dulunya milik saudaranya tersebut.

Selain berjalan cukup lambat menurut saya, untuk batle yang terjadi di arc ini bisa dibilang cukup kurang dibanding arc sebelumnya, pertarungan antara Luffy dan Doflamingo juga seperti hanya sebentar, berbeda dengan arc Thriler Bark, Battle yang terjadi cukup panjang dan cukup menegangkan. mungkin ada beberapa battle yang menurut saya cukup bagus di arc ini seperti pertarungan luffy dengan Don Chinjao sampai-sampai mengeluarkan kekuatan maksimal dari masing-masing.

seperti yang terjadi di Arc Alabasta, di arc Dressorosa ini juga kehadiran angkatan laut, bahkan ada juga seorang admiral baru disana yang menggantikan admiral Kuzan yang memutuskan untuk keluar dari angkatan laut karena tidak terlalu cocok dengan kepemimpinan flet admiral baru, yakni Flet Admiral Akainu. seeperti kejadian di Alabasta, angkatan laut seperti tidak bisa berbuat apa-apa dengan kejadian yang terjadi dalam kerajaan tersebut, angkatan laut disini pada akhirnya hanya sebagai pendukung dari kelompok topi jerami yang berusaha untuk menyelamatkan kerajaan Dressrosa dari kehancuran oleh Doflamingo.

mungkin tulisan diatas banyak yang tidak setuju, akan tetapi tulisan diatas berdasarkan apa yang saya fikirkan dan coba saya tulisakan di blog ini. kalau ada kelanjutan tulisan nantinya akan disambung di artikel selanjutnya. terima kasih sudah menyempatkan membaca ^_^
Previous
Next Post »

Pin Post

Asumsi Perbuatan dr. Vegapunk merubah kuma menjadi Pacifista

  Vegapunk tahu semua tentang abad kekosongan, kemudian dia masih tetap memilih bersama dengan WG bahkan setelah mengetahui tentang abad kek...